ようこそ

ようこそ。。。

Sabtu, 04 Mei 2013

Don't be Blind

Hai, kawan....gimana nih kabarnya? Lama ya tidak bersapa....

Kali ini saya ingin ngebahas tentang sebuah peribahasa yang tentunya tidak asing di telinga teman-teman.

Oke, sebelumnya saya mau tanya sama teman-teman nih....dari gambar disamping, apa yang kalian lihat?

hanya sebuah lingkaran hitam kah?


Kawan, sering sekali kita melihat segala sesuatu dari segi negatifnya saja. Contohnya seperti gambar di samping, kebanyakan orang pasti akan berpendapat bahwa dari gambar yang di atas, mereka hanya melihat sebuah lingkaran hitam. Kawan, tidak kah kalian lihat di sekeliling lingkaran hitam itu? Bagian putih yang mengelilinginya, jauh lebih besar dan luas dibanding lingkaran hitam itu.

Kawan, masih ingatkah dengan sebuah peribahasa ini "Semut di seberang lautan kelihatan, Gajah di pelupuk mata tidak terlihat."
Begitulah sifat manusia. Ketika seseorang melakukan sebuah kesalahan, orang-orang di sekitarnya akan menyalahkannya, mengucilkannya, bahkan menghakiminya tanpa tahu alasannya melakukan kesalahan itu. Orang-orang di sekitarnya menjudgenya pesakitan, seseorang yang bersalah dan patut di hukum.

Kawan, jika temanmu melakukan kesalahan padamu bukan berarti dia jahat atau ingin menyakitimu. Sebelum kamu menghakiminya, berilah kesempatan padanya untuk menjelaskan pemasalahannya, jangan melihat sebuah permasalahan hanya dari satu sisi saja karena itu tidak akan adil.

Kawan, jika memang temanmu melakukan kesalahan yang membuatmu marah dan kesal padanya, ingatlah sisi baiknya, jangan hanya melihat kesalahannya. Tidakkah kalian ingat segala kebaikannya padamu? Kebaikan yang selama ini diberikan padamu, yang pasti jauh lebih banyak dia lakukan daripada kesalahannya itu. So, Don't be blind, guys..... Ingatlah selalu kebaikan-kebaikan teman-temanmu, dan berusahalah memaafkan kesalahannya coz sahabat itu susah didapat loh....

Hei guys, apakah kalian merasa paling benar? tidak pernah melakukan kesalahan pada temanmu? It's impossible. Manusia adalah tempatnya kesalahan. Setiap orang pasti pernah melakukan kesalahan, termasuk kalian. I'm sure that you ever got mistake to your friend, lalu bagaimana dengan perlakuan temanmu padamu? Dia selalu memaafkan kesalahan-kesalahan yang kau buat dan melupakannya, karena dia sayang padamu. lalu bagaimana jika dia yang melakukan kesalahan padamu? Masihkah berpikir untuk menyalahkannya tanpa tahu alasannya, tidak mau memaafkannya?
Jikalau kau melakukan kesalahan pada temanmu, tetapi temanmu tidak mau memafkanmu dan terus menyalahkanmu, maka percayalah suatu saat dia akan menyadari bahwa dia salah telah memperlakukanmu seperti itu. Jika dia teman yang baik, dia pasti akan menyadarinya dan memaafkanmu, kembali bersamamu. Percayalah...Jadi, janganlah engkau bersedih Kawan....

Nah, sekarang kalian sudah tahukan bagaimana seharusnya hubungan persahabatan itu.... Don't be blind... be aware with your friend....jangan seperti peribahasa "semut di seberang lautan kelihatan, gajah di pelupuk mata tidak terlihat."
Always open your eyes, your mind, and your heart. 

Sampai disini dulu ya, Kawan...see you next time...
Ganbatte kudasai   \(^_^)/

Tidak ada komentar:

Posting Komentar